Rangkuman Jurnal Globalization of Education oleh Joel Spring

Abstrak:

Jurnal ini mengkaji pengaruh politik, ekonomi, dan sosial yang membentuk kebijakan pendidikan global, dengan fokus utama pada penerimaan Human capital ideology dan konsumerisme dalam konteks pendidikan sebagai kunci pertumbuhan ekonomi. Human capital ideology menekankan peran pendidikan dalam menghasilkan sumber daya manusia yang produktif, sementara konsumerisme menjadi pendorong utama ekonomi global. Jurnal ini membahas peran Organization for Economic Cooperation and Development, Bank Dunia, dan bisnis pendidikan global dalam mempengaruhi kebijakan pendidikan dan penyebaran Human capital ideology. Sebagai alternatif, Jurnal juga menyoroti paradigma pendidikan yang berfokus pada keberlanjutan dan kebahagiaan.

 Pendahuluan:

Terdapat tren meningkatnya keseragaman global dalam tujuan, organisasi, dan kurikulum pendidikan, yang didorong oleh penerimaan hampir universal terhadap Human capital ideology dan ekonomi konsumeris. Jurnal ini mengeksplorasi dukungan terhadap Human capital ideology dan konsumerisme oleh perusahaan multinasional, organisasi internasional seperti Bank Dunia dan Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan, serta perusahaan pendidikan multinasional. Selain itu, jurnal menggarisbawahi peran sistem pendidikan global dalam mempromosikan Bahasa Inggris sebagai bahasa dominan.

 Ideologi Pendidikan Global:

Globalisasi pendidikan merujuk pada serangkaian proses global yang mempengaruhi praktik dan kebijakan pendidikan lokal. Faktor-faktor seperti diskursus global tentang Human capital, pembangunan ekonomi, teknologi informasi dan komunikasi, serta peran organisasi internasional dan perusahaan multinasional memainkan peran penting dalam membentuk struktur pendidikan global.

Human capital  dan Konsumerisme:

Saat ini, ideologi pendidikan yang dominan adalah ekonomi Human capital dan konsumerisme. Pendidikan diarahkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, dengan pendekatan yang menekankan persiapan siswa sebagai angkatan kerja yang dapat bersaing dalam pasar global. Ideologi ini memandang pendidikan sebagai bisnis yang harus menghasilkan keuntungan ekonomi, dengan penekanan pada standar pengukuran produktivitas.

Pendidikan Human capital juga terkait erat dengan konsumerisme, yang menjadi kekuatan penggerak ekonomi global. Pendidikan diarahkan untuk meningkatkan daya beli siswa, dengan iming-iming bahwa pendidikan yang lebih tinggi akan menghasilkan pendapatan yang lebih besar untuk konsumsi.

 Ideologi Konsumerisme:

Konsumerisme menempatkan penekanan pada konsumsi barang dan jasa sebagai jalan menuju kebahagiaan dan kemajuan individu. Meskipun banyak nilai agama menolak keinginan materialistik, ideologi konsumerisme terus menyebar secara global, didorong oleh pertumbuhan pasar dan globalisasi.

Globalisasi pendidikan telah memperkuat Human capital ideology dan konsumerisme, yang menempatkan pendidikan sebagai sarana untuk mencapai pertumbuhan ekonomi dan konsumsi yang lebih tinggi. Namun, munculnya paradigma pendidikan yang lebih berkelanjutan dan berorientasi pada kebahagiaan menawarkan alternatif yang menarik.

 Kritik terhadap Ideologi Pendidikan Human capital :

Salah satu kritik terhadap Human capital ideology adalah bahwa fokus pendidikan pada kebutuhan ekonomi mungkin tidak selalu sesuai dengan realitas pasar kerja. Penelitian menunjukkan bahwa tidak selalu ada cukup pekerjaan yang membutuhkan keterampilan tinggi, dan bahwa pemikiran pendidikan sebagai investasi ekonomi tidak selalu berdampak positif pada lulusan.

Kritikus juga menyoroti bahwa pengukuran produktivitas dalam pendidikan seringkali tidak memperhitungkan aspek-aspek kualitatif dari pembelajaran, dan bahwa pendekatan standar pengukuran dapat mengabaikan kebutuhan individual siswa.

Selain itu, kebijakan pendidikan global yang didorong oleh Human capital ideology dapat mengabaikan keberagaman budaya dan konteks lokal, mengarah pada homogenisasi pendidikan secara global.

 Bank Dunia dan Pendidikan Global:

Bank Dunia memainkan peran penting dalam mendukung pendidikan di negara-negara berkembang, dengan pendekatannya yang didasarkan pada keyakinan bahwa investasi dalam pendidikan adalah kunci untuk pembangunan ekonomi. Namun, pendekatan ini juga menimbulkan kekhawatiran tentang komodifikasi pendidikan dan penetrasi pasar dalam sektor pendidikan global.

 Pengaruh Organisasi Global dalam Pendidikan:

Organisasi global seperti WTO telah membuka pintu bagi perdagangan bebas dalam layanan pendidikan, yang memungkinkan perusahaan pendidikan berorientasi keuntungan untuk memperluas operasi mereka secara global. Hal ini menimbulkan kekhawatiran tentang penurunan keberagaman budaya dan pengaruh pasar dalam pendidikan.

 Garis Besarnya:

Globalisasi pendidikan telah membawa Human capital ideology dan konsumerisme ke dalam pusat perdebatan tentang peran pendidikan dalam masyarakat. Meskipun pendekatan ini menawarkan potensi pertumbuhan ekonomi, kritik-kritik mengenai dampaknya terhadap siswa, keberagaman budaya, dan pembangunan berkelanjutan menyoroti kompleksitas dan tantangan dalam menerapkan ideologi ini secara global. Mungkin saatnya bagi pendidikan global untuk memperhitungkan kepentingan siswa dan masyarakat secara lebih luas, dengan fokus pada keberlanjutan, keadilan, dan kebahagiaan.

 

Kesimpulan: Hidup Lama dan Bahagia (Kesimpulan asli dalam jurnal)

Human capital ideology mendominasi wacana pendidikan global. Human capital ideology mendukung kebijakan pendidikan yang akan memaksimalkan keuntungan bagi bisnis pendidikan. Human capital ideology mendukung perusahaan pengujian dan industri pendidikan bayangan karena penekanannya pada pengujian berbasis standar tinggi untuk mempromosikan dan menyortir siswa untuk karier dan pendidikan tinggi serta untuk mengevaluasi guru dan administrator sekolah. Dengan sekolah memberikan tekanan pengujian pada siswa, orang tua bersedia mengeluarkan uang ekstra untuk industri pendidikan bayangan. Akibatnya, sistem pendidikan bayangan dan perusahaan pengujian multinasional tertarik pada penerimaan masyarakat terhadap Human capital ideology dan legitimasi sistem sekolah yang didorong oleh penilaian.

Dalam Paradigma Baru untuk Sistem Sekolah Global:

Pendidikan untuk Hidup Lama dan Bahagia, saya telah menawarkan alternatif untuk fokus global saat ini pada pendidikan Human capital  dan konsumerisme. Saya mengusulkan bahwa kebijakan sekolah dievaluasi berdasarkan kontribusinya terhadap kondisi sosial yang memberikan kondisi untuk kebahagiaan dan umur panjang manusia daripada dinilai berdasarkan kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi dan pendapatan. Ada banyak penelitian internasional tentang kondisi sosial yang mempromosikan kebahagiaan dan umur panjang. Karya saya mewakili satu upaya untuk mencoba mengubah pemikiran tentang kebijakan pendidikan.


Sumber:

Spring, J. (2012). Globalization of education. International Journal of Chinese Education, 1(2), 139-176. SAGE Journals.


Note:

Silahkan tulis pertanyaan atau insight di kolom komentar ya :)

Terima kasih.

Share:

1 komentar

  1. What should we do so that education focuses on reason and noble values, instead of focusing on finding work?
    And how do you think we can break 'education for consumerism'?

    BalasHapus